Sejarah Corolla Generasi 1-10 & List Harga Corolla Bekas

Harga Mobil Sedan Corolla Bekas – Sebelum membahas soal harga mobil sedan Corolla bekas, tidak ada salahnya memahami sedikit megenai sejarah lahirnya sedan Corolla ya kan?

Merek Corolla merupakan mobil sedan paling terkenal di dunia, kenapa bisa begitu? Mari kita lihat sejarah lahirnya mobil sedan corolla. Pada tahun 1966 era mobil keluarga baru di mulai, Corolla di pamerkan untuk pertama kalinya kepada masyarakat Jepang pada bulan November di tahun yang sama. Semenjak itu Corolla terus berkembang sampai sekarang berkat philosophy “always staying ahead of the times”. Sekarang ini menurut wesbite resmi Toyota, mobil sedan Corolla sudah terjual sebanyak 40 juta unit di lebih dari 150 negara. Berkat prestasi itu Toyota Corolla di akui sebagai “The World’s Most Popular Car”.

Hadirnya mobil sedan Corolla di lebih dari 150 Negara disebabkan karena pemikiran inovatif, teknologi dan pengambilan-keputusan manajerial yang berlangsung di belakang layar di Toyota Motor Corporation. Semua ini terdiri dari unsur-unsur “DNA Corolla”, yang telah diwariskan dari generasi ke generasi dalam perusahaan Toyota Motor Corporation.

Asal Nama Corolla

Menurut situs Toyota Global, perdebatan berulang kali diadakan dalam Divisi Perencanaan produk Toyota sebagai tim yang berjuang untuk menentukan nama yang cocok untuk model mobil sedan ini. Ditunjuk untuk mencari nama, tim melihat melalui kamus bahasa Inggris, Italia dan Perancis dan bahkan melalui antologi Jepang. Pada akhirnya, mereka memilih nama Corolla. Corolla berasal dari istilah latin yang artinya “Mahkota Bunga,” Corolla dipilih dengan harapan bahwa kendaraan ini akan sukses di pasar otomotif dunia.

Namun ada fakta yang menarik, beberapa orang mengatakan nama Corolla dipilih karena “Toyota suka huruf C”. Coba lihat lineup kendaraan Toyota; ada banyak mobil penumpang memiliki nama yang dimulai dengan huruf C. Sebelum kelahiran Corolla, ada kendaraan mewah dan menengah dengan nama Corona. Sejak kelahiran Corolla, ada kendaraan lainnya termasuk Celica (1970), Carina (1970), Corsa (1978) dan Camry (1980) — semua yang dimulai dengan huruf C. Kebetulan, CORONA Mark II, yang diciptakan sebagai kelas menengah atas CORONA, bernama CRESSIDA di pasar luar negeri, yang sekali lagi dimulai dengan huruf C.

Generasi Corolla

Sampai sekarang Corolla sudah mencapai 11 generasi, berikut ini 10 genarasi pertama sedan Corolla:

1. Corolla Generasi Pertama 1966 – 1970

mobil sedan corolla generasi pertamaSedan Corolla generasi pertama di produksi mulai tahun 1966 – 1970. Pada tahun 1966, tahun ketika motorisasi siap berkembang secara signifikan di Jepang, satu kendaraan dilahirkan dengan nama yang artinya “mahkota bunga.” Kendaraan itu adalah Toyota Corolla, yang segera menjadi salah satu mobil keluarga yang paling populer di seluruh dunia.

Corolla generasi pertama diperkenalkan dengan slogannya, “Mobil yang paling dicari oleh pasar -. Disajikan kepada dunia dengan menyatukan esensi teknologi Toyota” Ini dikembangkan dengan mengadopsi teknologi yang secara luas merupakan pengalaman pertama untuk mobil yang di produksi di Jepang dan pengalaman pertama didunia sebagai mobil keluarga. Corolla memulai debutnya dengan cemerlang sebagai model mobil yang dapat menarik garis yang jelas diantara mobil keluarga lainnya. Selain desain yang menarik, Corolla memperkenalkan berbagai fitur baru dan “peralatan baru yang sebanding dengan yang ditemukan pada model kelas yang lebih tinggi. Akibatnya, Corolla terus merebut hati masyarakat dan mencapai posisi penjualan No 1 di dalam negeri – hanya 3 tahun setelah diluncurkan.

2. Corolla Generasi Kedua 1970-1974

mobil sedan corolla generasi keduaPengembangan generasi Corolla kedua di bawah arahan Tatsuo Hasegawa, yang juga bertanggung jawab untuk pengembangan generasi Corolla pertama, dimulai pada tahun 1967, kira-kira satu tahun setelah generasi pertama dirilis. Pada saat itu, generasi pertama Corolla mengalami penjualan yang menguntungkan, dan motorisasi di Jepang sedang berkembang pesat.

Generasi kedua, All New Corolla, diperkenalkan ke pasar pada tahun 1970. Untuk melanjutkan reputasi generasi pertama dan meningkatkan loyalitas merek Corolla, fokus perhatian ditujukan untuk mengembangkan kendaraan yang bernuansa mewah dan kemajuan yang jelas terlihat dari pendahulunya. Berdasarkan gagasan itu, model baru diberi margin kenyamanan yang lebih besar dengan ukuran bodi yang diperluas dan meningkatkan kinerja mengemudi secara keseluruhan.

Pada saat itu, perekonomian berkembang pesat, dan pengenalan generasi kedua ini – yang dikembangkan dengan mata yang tajam pada masa depan – menciptakan efek sinergi yang menyebabkan ekspansi yang luar biasa pada motorisasi Jepang. Dengan ini, volume produksi model baru secara dramatis meningkat, dan pada bulan Juni 1970, total produksi kumulatif Corolla mencapai satu juta unit.

3. Corolla Generasi Ketiga 1974-1979

mobil sedan corolla generasi ketiga“Corolla ini adalah mobil keluarga utama.” Sebagaimana dinyatakan oleh Shiro Sasaki, pemimpin pengembang generasi Corolla ketiga yang diperkenalkan dengan fitur keamanan dan kenyamanan yang setara dengan kendaraan kelas yang lebih tinggi, dengan tetap menjaga aspek yang paling penting dari mobil keluarga – efisiensi ekonomi. Model baru ini menerapkan standar emisi yang ketat untuk pencemaran lingkungan, yang waktu itu sudah menjadi masalah sosial dalam skala global, dan membuat dunia mengakui kekuatan teknis tingkat tinggi Corolla. Generasi ketiga Corolla ini meraih status sebagai yang terbaik dalam penjualan mobil di pasar domestik dan global dengan kinerja unggul secara keseluruhan, kualitas tingkat tinggi dan kehandalan. Popularitasnya di luar negeri sangat tinggi, dan jumlah kendaraan yang diekspor meningkat pesat, melebihi 300.000 unit per tahun.

4. Corolla Generasi Keempat 1979-1983

mobil-sedan-corolla-generasi-keempatPada awal 1975, pemimpin pengembangan Fumio Agetsuma mulai mempersiapkan rencana pengembangan untuk Corolla generasi keempat. Rencananya adalah ” menawarkan fitur yang lebih mewah dari generasi ketiga dalam paket mobil kompak keluarga, dan mencegah generasi baby boomer beralih ke kendaraan yang kelasnya lebih tinggi”. Pengembangan Corolla generasi keempat dimulai di bawah konsep dasar ini yang ditetapkan oleh Agetsuma.

Pada bulan Maret 1979, Corolla generasi keempat diperkenalkan ke pasar. Pada saat itu, perekonomian Jepang pulih dari krisis minyak, dan dengan latar belakang kelimpahan material, tren yang berkembang fokus pada peningkatan kualitas hidup. Ketika ini terjadi, kebutuhan pengguna yang beragam, dan efisiensi ekonomi dituntut dari mobil penumpang. Karena hal ini, Corolla terlahir sebagai mobil keluarga mewah dengan kinerja keseluruhan yang unggul untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang beragam. Pada akhir periode modelnya, Corolla generasi keempat juga menanggapi kebutuhan sosial untuk bahan bakar yang ekonomis dengan memperkenalkan model mesin diesel.

5. Corolla Generasi Kelima 1983-1987

mobil-sedan-corolla-generasi-kelimaPada bulan Maret 1979, Fumio Agetsuma, yang sudah menjabat sebagai pemimpin Pengembangan generasi sebelumnya, menetapkan kebijakan untuk merancang Corolla generasi kelima dengan model FF (front engine, front wheel drive).

Generasi Corolla kelima diperkenalkan ke pasar pada bulan Mei 1983, dua bulan sesudahnya total produksi Corolla mencapai 10 juta kendaraan. Tren kehidupan masyarakat Jepang pada waktu itu adalah mencari gaya hidup yang lebih kaya, dan preferensi untuk produk kelas tinggi. Masyarakat, khususnya generasi muda, mengeksplorasi gaya hidup mereka sendiri yang unik. Memberikan jawaban atas tren ini merupakan masalah utama bagi Corolla generasi kelima. Tema-tema utama pembangunan untuk model baru yang “mengikuti tren di seluruh dunia inovasi teknis dan mengubah Corolla menjadi mobil penumpang front wheel drive,” dan “ruang yang luas dan gaya yang disukai oleh generasi muda.”

Generasi Corolla kelima dikembangkan untuk lebih memperkuat dominasi Corolla sebagai mobil terlaris di dunia. Dalam empat tahun setelah dirilis, Corolla generasi kelima berhasil memperoleh posisi No 1 dalam penjualan domestik dan juga menerima reputasi baik di luar negeri.

6. Corolla Generasi Keenam 1987-1991

mobil-sedan-corolla-generasi-keenamPada bulan Mei 1987, Corolla berkembang menjadi model generasi keenam. Slogan yang digunakan dalam iklan pada waktu itu adalah: “Sebuah kisah baru dalam kendaraan Jepang telah dimulai. Lahirnya All New Corolla, Sedan Toyota kelas baru”. Semua bidang pada New Corolla benar-benar direnovasi untuk melampaui kaidah kelasnya, dan Corolla memasuki pasar berbekal rasa mewah dan tingkat kualitas yang lebih tinggi. Karena keadaan ekonomi Jepang semakim makmur, kebutuhan pelanggan sangat berubah dari kepuasan kepemilikan untuk menikmati kehidupan dan menggunakan kepemilikan untuk meningkatkan gaya hidup pribadi.

Untuk memenuhi perubahaan kebutuhan masyarakat, tim desain memulai mengembangkan gagasan untuk menyediakan kendaraan yang tidak hanya berfungsi sebagai alat atau sarana transportasi tetapi juga menyediakan penumpang dengan “waktu yang berkualitas dan ruang perjalanan.” Akibatnya, tim berhasil mencapai desain interior dan eksterior penuh dengan rasa mewah yang menantang kendaraan kelas yang lebih tinggi, serta mesin output yang tinggi dengan ekonomi bahan bakar yang baik.

Corolla generasi keenam diterima dengan baik oleh pasar otomotif Jepang dan luar negeri, dan popularitasnya tidak memudar. Bahkan, pada Maret 1989, tiga tahun setelah dirilis, Corolla generasi keenam menetapkan rekor baru untuk penjualan domestik bulanan di Jepang dari 44.000 unit.

7. Corolla Generasi Ketujuh 1991-1995

mobil-sedan-corolla-generasi-ketujuhCorolla generasi ketujuh dikembangkan dengan sangat hati-hati untuk mengejar kinerja fundamental dalam berkendara, dan perbaikan dramatis dibuat untuk setiap aspek. Corolla generasi ketujuh memulai debutnya pada bulan Juni 1991 dengan slogannya “Big dan Safety.” Namun, pada tahun 1991, perekonomian Jepang mulai menurun dan ini berdampak penjualan mobil baru di seluruh negeri. Generasi ketujuh, yang telah dikembangkan sebagai sebuah karya besar, tidak terkecuali terkena dapmpaknya, volume penjualan di Jepang tidak tumbuh seperti yang telah diharapkan. Kebutuhan masyarakat juga mulai berubah fokus bergeser ke kualitas serta harga.

Corolla Generasi ketujuh membanggakan kelengkapan tingkat tinggi dan penuh dengan peralatan yang melimpah yang menarik bagi konsumen. Namun, tim desain menyadari pentingnya memiliki pemahaman yang benar akan zaman dan kebutuhan pelanggan. Meskipun begitu, volume produksi Corolla model ini sampai 2,4 juta unit, dan pangsa pasar teratas di kelasnya itu terus dipertahankan. Bahkan, banyak Corolla generasi ketujuh masih bisa dilihat di jalan karena telah mempertahankan citranya sebagai mobil sedan yang baik.

8. Corolla Generasi Kedelapan 1995-2000

mobil-sedan-corolla-generasi-kedelapanCorolla generasi kedelapan muncul di pasar pada Mei 1995, waktu itu keadaan ekonomi Jepang sedang lesu, dan pertimbangan kuat berfokus terhadap lingkungan dan efisiensi perekonomian. Corolla – yang dengan setiap generasi telah mengembangkan mobil kompak terbaik, untuk menyeimbangkan harmoni dengan masyarakat – kali ini mengembangkan mobil dengan ukuran yang tepat dan tingkat kualitas yang tinggi. Pertama, tim mentargetkan harmonisasi dengan masyarakat dan mengejar efisiensi ekonomi (konservasi sumber daya), kinerja lingkungan dan keselamatan. Sebagai hasilnya, efisiensi bahan bakar, body lebih kekar melalui pengurangan berat badan mobil yang signifikan. Kinerja keselamatan juga dipertahankan  dengan meningkatkan peralatan keselamatan. Pertimbangan yang cermat diberikan kepada aspek lingkungan, termasuk meningkatkan daur ulang dan mencapai emisi lebih bersih dari mesin diesel.

9. Corolla Generasi Kesembilan 2000-2006

mobil-sedan-corolla-generasi-kesembilanPada tahun 2000, penjualan mobil baru di Jepang terus menurun karena keadaan ekonomi yang lesu, dan masing-masing produsen otomotif menghadapi kekhawatiran tentang ketidakmampuan untuk menjual mobil mereka. Di tengah kondisi tersebut, Corolla generasi kesembilan lahir dan dipasarkan dengan slogannya “New Century Value”.

Pemimpin pengembangan Takeshi Yoshida menantang tim pengembangan dengan tema “start from scratch”. Dengan tema ini, perkembangan dilanjutkan dengan berani melepaskan diri dari citra Corolla, yang telah dibina untuk menjadi merek di seluruh dunia.

Karakteristik utama dari Corolla generasi kesembilan termasuk kenyamanan interior dan kualitas tingkat tinggi serta kemudahan penggunaan dan kehandalan. Untuk memulai perkembangan, tim pertama menghapus konsep dasar yang ada pada “Corolla” dan benar-benar mendesain ulang semua bidang.

Pendekatan inovatif yang diadopsi dalam semua aspek, termasuk menggabungkan rencana desain eksterior Eropa untuk pertama kalinya. Hasilnya adalah Corolla yang melampaui semua Corolla lain dengan kinerja tinggi yang komprehensif. Dengan ini, merek Corolla terlahir kembali sebagai kendaraan strategis di seluruh dunia dan cocok untuk standar abad ke-21 dengan fitur mobil keluarga.

Persaingan di Jepang meningkat karena dampak dari iklim ekonomi dan munculnya pesaing tangguh. Namun, pangsa pasar Corolla di dunia, termasuk pangsa pasar di Eropa, Amerika Serikat dan Asia, terus meningkat. Pada tahun 2005, 1,39 juta Corolla terjual di seluruh dunia.

10.Corolla Generasi Kesepuluh 2006-2013

mobil-sedan-corolla-generasi-kesepuluhEmpat puluh tahun telah berlalu sejak generasi pertama Corolla diperkenalkan pada tahun 1966 . Setiap generasi, Corolla memanfaatkan konsep-konsep baru dan teknologi yang dibutuhkan oleh generasi itu, berada di garis depan dari sejarah Toyota dan motorisasi – dan sekarang adalah generasi kesepuluh .

Pikiran pertama tentang pengembangan Corolla generasi ke-10 ini adalah kebutuhan untuk berpikir dari sudut pandang global dan pada skala global. Model Corolla konvensional telah dikembangkan berdasarkan pasar Jepang dan kemudian teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing daerah telah ditambahkan. Kali ini, dari tahap awal pengembangan, fokus pada dunia dan pengembangan dari sudut pandang global. Untuk lebih tepatnya, Toyota mulai mengembangkan kinerja dinamis yang berpusat pada Eropa, di mana lingkungan pasar yang paling ketat, dan dengan mengambil ramah pengguna untuk pelanggan di Amerika Utara, pasar terbesar, dan ruang kabin menjadi pertimbangan dari tahap perencanaan. Dengan cara ini, kendaraan yang memuaskan pelanggan di seluruh dunia dikembangkan.

New Corolla berusaha untuk menentukan nilai baru yang pesaing belum mencapainya. Sebagai hasilnya, kinerja fundamental – keselamatan, lingkungan, keandalan – melampaui pesaing, sedangkan kinerja sensitivitas yang menarik bagi panca indera ditingkatkan. Perhatian diutamakan pada “cinta dan hormat (keselamatan, lingkungan, keandalan) untuk planet kita.

Tips Beli Mobil Sedan Corolla Bekas

Jika Anda punya rencana beli mobil Corolla bekas, berikut ini tips memilih sedan Corolla yang performanya masih bagus. Tips ini penting dipahami agar supaya Anda tidak salah memilih.
1. Cek Service Record

Periksa dengan teliti bagian mobil sedan corolla yang berhubungan dengan service record, mesin, timing belt, gearbox, transmisi dan rem. Luangkan waktu untuk minta pendapat dari seorang mekanik yang paham mobil sedan Corolla.

2. Cek Kondisi Knalpot

Mobil sedan corolla dengan mesin 4A-twin dikenal sangat kuat dan durable asal di rawat dengan baik dan teratur. Cek kondisi knalpot ketika mesin mobil di nyalakan, kalau knalpot basah, berminyak, mengeluarkan asap dan juga meneteskan air itu berarti tanda ada yang tidak beres pada bagian mesin. Selain itu dengan jarak tempuh 200 ribuan klimoter, pastikan penggantian timming belt pernah dilakukan.

3. Cek Gearbox dan Transmisi 

Gearbox dan transmisi pada mobil sedan corolla pada umumnya jarang ada masalah, namun untuk gearbox 5-speed, gigi kelima biasanya ada sedkit masalah. Untuk mengeceknya coba jalankan mobil pada kecepatan sedang dan cobalah pindahkan ke gigi lima, yang prlu di perhatikan adaah memastikan gogo tidak meloncat.

4. Cek Steering

Steering pada umumnya juga jarang bermasalah, namun untuk memastikannya ada baiknya coba perhatikan boot karret pelindung drive shaft joints (tie rod), kalau sudah rusak atau robek bisa mengakibatkan kemudi terasa loose atau dengan kata jawanya oglak.

5. Cek Body dan Interior

Body dan kualitas cat pada mobil sedan corolla dikenal sangat bagus sehinnga seharusnya brtahan lama, namun kalau pemiliknya sembrono dan karena pengaruh cuaca ekstrem bisa menyebabkan body mobil penyok, lecet dan warna cat yang memudar. Interior mobil sedan corolla juga dikenal kuat dan awet, namun untuk memastikan kondisinya dalam keadaaan baik, periksalah “tear and wear” pada semua jok.

6. Test Drive

Lakukan test drive, untuk menguji semua komponen mobil sedan corolla dalam keadaan layak, ada baiknya melakukan test drive untuk memastikan dan merasakan kondisi mobil secara nyata. Lakukanlah test drive di berbagai kondisi jalan, kalau ada bunyi gemuruh bertanda adanya masalah di sektor kaki, kalau setir di belokan timbul bunyi itu bertanda ada maslaah pada power steering. Untuk mendapatkan hasil maksimal ketika melakukan test drive lebih baik mengjak teman atau mekanin yang paham dengan mobil sedan corolla.

Daftar Harga Mobil Sedan Corolla Bekas

Berikut ini kisaran harga sedan Corolla bekas.

1973 Corolla DX          – Rp 10.000.000
1973 Corolla KE30     – Rp 18.000.000
1974 Corolla Altis G 1.8 M/T – Rp 10.000.000
1975 Corolla Ke30      –  Rp 8.000.000
1975 Corolla Sedan    – Rp 13.000.000
1975 Corolla Retro     – Rp 20.000.000
1977 Corolla DX          – Rp 15.000.000
1978 Corolla Corvet   – Rp 18.500.000
1981 Corola DX           – Rp 15.000.000
1982 Corolla Sedan     – Rp 13.000.000
1984 Corolla GL          – Rp 18.000.000
1989 Corolla Twincam   – Rp 20.000.000
1997 Allnew Corolla SEG 1.6 AT – Rp 15.700.000

1998 Corolla 1.6 XLI M/T  –  RP. 65.000.000
1997 Corolla 1.6 XLI M/T   – RP. 60.000.000
1996 Corolla 1.6 XLI M/T  –  RP. 55.000.000
1998 Corolla 1.6 XLI            – RP. 70.000.000
1997 Corolla 1.6 XLI            – RP. 65.000.000
1996 Corolla 1.6 XLI            – RP. 60.000.000
1995 Corolla Great 1.6 SEG A/T   – RP. 70.000.000
1994 Corolla Great 1.6 SEG A/T   – RP. 65.000.000
1995 Corolla Great 1.6 SEG M/T  –  RP. 70.000.000

Refrensi:
http://www.toyota-global.com

Sejarah Corolla Generasi 1-10 & List Harga Corolla Bekas | Jerry | 4.5
Sponsored Links (Close)